Daurah Matan Tuhfathul Athfal dan Sanad Al-Fatihah bersama Syaikh Fauzi.

Daurah Matan Tuhfathul Athfal dan Sanad Al-Fatihah bersama Syaikh Fauzi.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur’an, Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 1, Cemorokandang, Malang. Menghadirkan seorang Syaikh besar dari Mesir, yang juga mengundang beberapa tamu dari Pondok MAPADI.

Syaikh Fauzi Saeed Mohammadi Haikal, lahir pada tanggal 15 November 1961 M di desa Tahori, Shebin Al-Qanater Center, Provinsi Al-Qalyubia Republik Arab Mesir. Beliau adalah pakar ilmu Al-Qur’an dan ilmu Qiro’at, salah satu ulama Al-Azhar Kairo, Mesir. Beliau adalah pengajar tetap dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan tajwid untuk para imam atau ulama’ dari berbagai wilayah negara yang mengikuti pendidikan daurah di bawah naungan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Beliau juga merupakan salah satu ulama’ sekaligus Muqri’ (Ahli bidang Qiro’ah) dan musnid (Pemegang sanad Al-Qur’an). Baik Qiro’ah Asyroh Sughra maupun Qira’ah Asyroh Kubro.

Daurah tersebut diadakan selama 2 hari, yang dimulai pada malam hari, Rabu 16 Agutus 2023 setelah ‘isya. Sambil menunggu Syaikh Fauzi datang, acara pun dimulai terlebih dahulu oleh Al-Ustadz Muhammad Farhan Hanif, Lc yang juga salah satu alumni dari PPDU. Di sana, beliau menjelaskan beberapa matan sebelum Syaikh Fauzi datang.

Yang kemudian setelah Syaikh Fauzi datang, Syaikh Fauzi pun melanjutkan acara dengan Talaqqi surat Al-Fatihah yang diikuti oleh seluruh hadirin dan hadirat yang terdiri dari santriwati pengabdian, santriwati takhosus, asatidz PPDU Putra, dan beberapa Pondok MAPADI. Dan diakhir sesi, beberapa orang membacakan surat Al-Fatihah yang dikoreksi langsung oleh Syaikh Fauzi.

Dauroh berlanjut hingga keesokan paginya. Kamis, 17 Agustus 2023. Syaikh Fauzi akhirnya lanjut mentalaqqi matan Tuhfatul Athfal dari bait demi bait yang juga diikuti oleh seluruh hadirin dan hadirat. Dan daurah pun berakhir setelah selesainya seluruh matan dalam Kitab Tuhfatul Athfal dibacakan, yang isi bait nya pun hanya berjumlah 61 bait, namun sangat berharga di kalangan para ulama’.

 


Website: www.ppduputri.or.id

You Tube: DUPI ONE TV

Instagram: @dupione_malang

Facebook: Pondok pesantren Daarul Ukhuwwah Putri I

Tinggalkan Balasan