Pembukaan kegiatan pramuka tahun ini yang dilaksanakan tanggal 27 Juli 2019 berlangsung dengan lancar. Seiring dimulainya KBM, seluruh rutinitas pun mulai aktif. Terutama pramuka, yakni ekstrakurikuler wajib di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 1 Malang. Kegembiraan tersendiri bagi para santri mengikuti kegiatan ini, mengingat juga perlombaan di berbagai daerah nantinya lebih menambah semangat para “Muslimah Scouter” di PPDU. Kegiatan pramuka ini sengaja dilaksanakan untuk melatih mental para santri, kekompakan, menambah pengetahuan lebih luas, dan yang terpenting juga mempererat ukhuwwah.

Santri zaman now, begitulah julukan bagi  mereka. Bukan hanya  agama dan akademik saja oke, tapi juga perlu unggul dalam non akademik. Hari Sabtu memang sengaja dikhususkan untuk pramuka, di hari itu mereka bermain sambil belajar, bersenang-senang, me re-fresh otak setelah hampir seminggu full akan pelajaran.

Pramuka secara resmi dimulai dengan pelaksanaan upacara yang diikuti seluruh pasukan dan ambalan. Seluruh anggota sanah niha’ie bertanggung jawab atas kegiatan pramuka dan juga berperan sebagai pembina. Petugas upacara pembukaan pun dipilih dari jajaran pembina. Selain pramuka telah resmi dimulai, dalam upacara ini juga berlangsung pemilihan serta pelantikan anggota KOPASUS (komandan pasukan khusus). Anggota kopasus ialah santri pilihan , mereka dipilih setelah penggemblengan selama 2 minggu oleh para kakak angkulat. Berawal dengan jumlah 23 santri yang mengikuti penyeleksian, dalam waktu dua minggu menjadi penentuan siapa yang pantas mengemban amanah kopasus. Setelah proses “filter” dari 23 santri disaring dan akhirnya hanya 9 santri pilihan yang pantas mengemban tugas ini. Pelantikan ini juga dilanjutkan dengan ikrar anggota kopasus yang berarti telah benar-benar siap bertanggungjawab atas amanah mereka.

Pramuka bukan saatnya jaim, malu-malu, di pramuka kita bebas berekspresi dan wadah mempererat ukhuwwah.

Greeting scout, salam pramuka….Allahu akbar