PERKEMAHAN

Salah satu aksi nyata dari eskul rutin pramuka telah diselenggarakan. P3III (perkemahan penegak penggalang ke-3) berlangsung sejak tanggal 1-5 Oktober 2019, di Tulung Agung, Jawa Timur. Pantai Bayem  menjadi rujukan para panitia, bukan dari bumi perkemahan tetapi panitia memilih lokasi yang dapat dijadikan perkemahan. Air yang nampak biru, bersih, bukit-bukit mengelilingi, serta pohon- pohon rindang kian menjadi pemandangan yang tak membosankan. Menuju Pantai Bayem membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam.

Tahun ini panitia tak hanya menyertakan santri PPDU1 tapi juga mengundang beberapa santri dari PPDU2 yang berjumlahkan 20 santri yakni dari grup penegak dan penggalang . Seperti biasa, ukhuwwah ialah tujuan dari kegiatan takhoyyum ini.

Perkemahan menuntut para santri agar aktif, mandiri, serta disiplin. Memang tidak berbeda jauh dengan tujuan pondok. Aktif, para scouter diajarkan agar tidak pasif, mengikuti berbagai lomba, menyanyikan yel-yel bersama, berdiskusi dan latihan untuk pensi, itulah beberapa langkah nyata mewujudkan tujuan “aktif” itu sendiri. Mandiri, saat berkemah para scouter mendirikan tenda, menyiapkan semua peralatan, memasak sesuai kreasi mereka, walau terkadang rasa makanan sedikit terasa aneh, itulah bukti bahwa mereka telah belajar untuk mandiri. Tak hanya mengandalkan orang lain. “disiplin berani dan setia” telah tercantum dalam dasa dharma. Disiplin di setiap kegiatan seperti lomba, ibadah, halaqoh, senam dll.

Seluruh agenda telah diatur sedemikian rupa agar acara takhoyyum menjadi teratur. Perkamahan tahun ini juga terdapat agenda jungle tracking, pembina telah menentukan alur bagi para scouter berjelajah. Mulai dari menyeberangi aliran sungai, menyisiri tepi pantai, menelusuri hutan, bukit, juga jalan setapak. Didampingi beberapa pembina. Anggota KOPASUS serta ustadzah. Lelah sudah tentu hadir, tetapi disamping itu rasa jenuh tergantikan ketika melihat pemandangan alami disetiap sudut perjalanan.

Berbagai lomba diadakan, seperti unbreakable science, LKBB, P3K, model, clap step, pensi, da’i kondang, word icon, masak, in paper, i’m champion, debat otak, new coaster, pionering, dan juga scouting dagelan. Takkan lengkap agenda perkemahan tanpa adanya api unggun. “Api, api, api, api kita, api kita sudah menyala”, sorak gembira para santri. Bersama itu, para pembina juga unjuk diri. Mereka menampilkan beberapa pensi, yakni semaphore, LKBB, dan stick dance. Kejutan bagi para adinda dan andika, karena disamping kesibukan pembina masih meluangkan waktu untuk latihan.

Usai sudah safar para santri dan saatnya untuk kembali ke pondok . sebelum itu kita melaksanakan operasi semut, agar pantai tetap nampak bersih dan nyaman dipandang.

Demikianlah kiranya kegiatan perkemahan PPDU1 yang diharapkan supaya santri lebih aktif dan kreatif.

Greating scout, salam pramuka.