Perbedaan Antara Az-Zaahid dan Al-‘Aarif

Perbedaan Antara Az-Zaahid dan Al-‘Aarif

Muhadharah Ustadz Pekanan. Sabtu, 11 November 2023.

Pada muhadharah kali ini Al-Ustadz KH. Ahmad syakirin Asmu’i, Lc., MA kembali mengkaji kitab Nashaikhul ibad pada halaman 5-6.

Beliau menjelaskan dalam kitab Nashaikhul Ibad pada maqalah ke-13, bahwa seorang Az-Zaahid ialah seorang hamba yang selalu berdo’a dan meminta pahala dan surga kepada Allah SWT untuk kebaikan dirinya sendiri. Sedangkan seorang Al-Aarif ialah seorang hamba yang tidak menginginkan apapun dari Allah SWT kecuali hanya ingin bersama Allah SWT selamanya.

(لأن همّ العارف ربه) لا الثواب و لا الجنة (و همّ الزاهد نفسه) أى منفعة نفسه من الثواب و الجنة ففرق بين من همته الحور و من همته رفع الستور.

Ini adalah seorang hamba yang level keimanannya sangat tinggi. Bahkan tidak banyak manusia yang bisa menjadi seorang Al-Aarif tersebut.

Dan pada maqalah ke-14 menjelaskan bahwa tidak ada musuh terbesar bagi manusia kecuali ialah nafsu diri sendiri. Jika ada orang yang mengatakan bahwa ia memiliki musuh terbesar dari pada nafsunya sendiri, maka ketahuilah bahwa ia masih belum bisa memahami tentang dirinya sendiri.

〈dupimedia〉

Sekian untuk muhadharah pekanan kali ini. Tonton Live Streaming pada channel YouTube kami untuk kajian selengkapnya. Hanya di DUPI ONE TV!

 


STAY TUNE—

Website: ppduputri.or.id

YouTube: DUPI ONE TV

Instagram: dupione_malang

Tiktok: dupione

Facebook: Daarul Ukhuwwah Putri I

 

Tinggalkan Balasan