Begitu Jernihnya Berlian Ukhuwwah

Selasa, 26 maret 2019

Pukul, 06.00 WIB

 

Matahari beranjak keluar dari persembunyian malamnya. Udarapun terasa sejuk dan menyegarkan. Aliran detik demi detik terus mengalir, menanti saudari-saudari seperjuangan yang tengah dalam safarnya menuju Ponpes Daarul Ukhuwwah Putri 01. Ya, pondok kita tercinta. Dengan penantian yang juga ditemani oleh sibuknya akhwatina OSADU, pun seraya mengikuti irama-irama musik islami yang dimainkan sie.operator, agar lebih terasa mengasyikkan.

Pukul 06.30 WIB SMPIT Abu Bakar yang dinantikan mulai menampakkan kaki-kakinya dihalaman depan podok. Secarik senyuman saling membalas, antara bagian tarhib ( penerima tamu ) dengan mereka beserta ustadzah yang raut wajahnya mungkin menampakkan rasa lelah, dikarenakan perjalanan jauh dengan mengendarai kereta api dari yogyakarta.

Sebelum acara inti dimulai, para siswi SMPIT Abu Bakar beserta ustadzah dipersilahkan istirahat dan sarapan terlebih dahulu, mengisi perut yang mulai menampakkan ruang kosongnya dan menabah energi untuk agenda selanjutnya.

Waktu terus berjalan, jarum jam telah menunjukan pukul 08.00 tepat. Acarapun dimulai yang diawali dengan tari saman dari kami, meskipun berkostum sederhana, mereka menunjukkan penampilan yang terbaik, seulas senyumpun turut menemani. Alhamdulillah.

Dilanjutkan sambutan terhormat dari al-ustadz KH Ahmad Syakirin Lc. Ma. Lalu bergantian dengan wakil kesiswaan SMPIT Abu Bakar, al-ustadzah Bustani. Sambutan yang luar biasa, mengajarkan kita arti tali persaudaraan, dan eratnya genggaman ukhuwwah.

Masih duduk manis dengan beralaskan karpet hijau, dengan beberapa pose yang mereka tunjukkan ketika sepasang kamera bersiap memotret, penampilan yang tak kalah indah di persembahkan oleh perwakilan kawan kita dari SMPIT Abu Bakar. Karena kesatuan hati yang kita miliki, tak disangka mereka menampilkan tari saman juga, meski  dengan versi khas mereka. Masya Allah, memuaskan.

Suhu udara yang kian bertambah, membuat tubuh berkeringat, namun tak melumpuhkan semangat dan tawa. Coral speaking serta step dance penampilan tambahan dari kamipun berjalan dengan menggembirakan, seraya membuat tali persaudaraan kami terasa lebih erat.

Sambil menunggu penghujung acara, agar suasana tak membosankan, panitia mengisinya dengan game sederhana, yang mana untuk setiap anggota kelompok merupakan perpaduan dari anak SMPIT Abu Bakar dan Ponpes Daarul Ukhuwwah Putri 01.

Games berjalan lancar dan seru. Yang mana didalamnya terdapat arti apa itu ukhuwwah. Saling berkenalan satu sama lain, juga saling bekerjasama menghasilkan ide untuk gerakan baru dalam senam “DOMIKADO”. Gerakan paling lucu dan menarik akan mendapat hadiah dari panitia. Para penonton pun terhibur, canda dan tawa tak lepas dari mereka.

Acara ini sederhana. Namun, bagaimanapun didalamnya terdapat arti apa itu UKHUWWAH. tali persaudaraan diikat simpul mati, tak akan pernah terlepas walaupun jarak memisahkan. Indah, sangat mengenang. Tersadar bahwa begitu jernihnya berlian-berlian ukhuwwah. Persaudaraan dalam ikatan iman, memang selalu terasa manis.

 

By : Safira_elhawa | XI A