PSB (Penyambutan Santri Baru) Daarul Ukhuwwah Putri 1

Ahlan wa sahlan di DUPI 1. Ramah , kesan pertama yang didapatkan oleh para santri baru beserta wali santri saat pertama kali memasuki gerbang PPDU Putri 1. Masuk pondok , ada yang senang ada yang sedih, ada pula yang dag dig dug karena hendak berpisah dengan orang tua. Inilah yang dirasakan oleh para calon santri baru di PPDU Putri 1. Pada tanggal 6 Juni 2019 , DUPI 1 (Daarul Ukhuwwah Putri 1) menyelenggarakan acara “Penerimaan Santri Baru dan Serah Terima Santri Bersama Walisantri dan Mudir Pondok Daarul Ukhuwwah Putri 1 Tahun Ajaran 2019-2020”. Pada tahun ini , DUPI 1 menerima sebanyak 29 santri untuk kelas aliyah atau SMA dan 109 santri untuk kelas SMP.

Dalam rangka menyambut kehadiran para santri baru tersebut, jajaran pengurus OSADU sebagai penanggung jawab dibantu para murafiqah hujrah atau pengurus kamar telah bersiap di depan gerbang DUPI 1. Ada yang bertugas menjaga meja registrasi, mobile atau sarana dan prasarana , bagian pengecekan barang, dan ada pula yang bertugas jaga di kamar untuk membantu para santri baru merapikan barang-barangnya.

Saat pertama memasuki DUPI 1, para calon santri baru beserta wali santri mereka akan menandatangani ketas-kertas regristrasi dengan mencantumkan waktu kehadiran mereka di mahad ini. Setelah itu mereka akan diarahkan ke mading untuk mengetaui letak kamar mereka. Lalu dengan sigap , para petugas mobile yang terdiri dari murafiqah hujrah akan membantu para santri baru ke area pengecekan barang sebelum resmi diizinkan untuk membawa barangnya masuk ke dalam kamar.

Perlu diketahui sebelum menjadi santri ada banyak keperluan yang perlu dipersiapkan , yang mencakup kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian, alat sholat, alat makan, alat mandi, dsb. Tidak semua barang tersebut bisa dibawa masuk ke kamar. Jadi, di bagian pengecekan inilah barang akan dipilah oleh para petugas,mengenai kelengkapan, jumlah, serta terlarang atau tidaknya jenis barang tersebut. Tempat pengecekan sengaja dibedakan antara calon santri SMPdengan SMA untuk memastikan ketelitian dalam pengecekan serta ketertiban situasi.

Seusai pengecekan barang, santri baru akan diantar oleh para petugas mobile untuk pergi menuju kamar mereka masing-masing. Para petugas mobile pula yang membantu membawa barang santri-santri baru tersebut ke kamar mereka. Pondok telah menyiapkan tujuh kamar untuk mereka tempati, yaitu Kamar Shiddiq 1,2,3 yang terletak di lantai satu , Kamar Amanah 1,2,3 yang terletak di lantai kedua dan terakhir Kamar Fathanah 1 yang terletak di lantai 3.

Dalam acara PSB ini Ustadz KH. Ahmad Syakirin A, Lc.,MA selaku Pemimpin Pondok Pesantren Daarul  Ukhuwwah Putri 1  memperkenalkan kepada para wali santri mengenai pengtahuan umum tentang pondok pesantren DUPI 1, seperti peraturan – peraturan yang berlaku, pembangunan pondok, serta cita- cita dari PPDU. Selain itu, Ustadz Syakirin juga menjelaskan tentang kurikulum baru yang ditetapkan untuk kelas aliyah yakni kurikulum al- Azhar. Diharapkan pengenalan singkat ini akan semakin memantapkan niat para calon santri PPDU untuk menimba ilmu di pondok ini serta niat para orang tua untuk memondokkan putrinya di DUPI 1. (Aysyiyah)