Pekan Khutbatul Arsy biasa disingkat dengan PKA. PKA sendiri merupakan kegiatan rutin pondok yang menerapkan kurikulum KMI (Kulliyatul Mualimin Al-Islamiyah) dari Gontor, dan PPDU termasuk pondok yang mengadopsi kurikulum tersebut. Acara ini diselenggarakan tiap tahunnya pada dua pekan pertama setelah PSB (penerimaan santri baru). Tujuan dilaksanakan acara ini yaitu agar para santri paham betul bagaimana “pondok” yang akan menjadi rumah kedua bagi mereka, khususnya untuk para santri baru PPDU. Bak kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, mungkin kalimat tersebut sangat tepat untuk acara Pekan Khutbatul Arsy ini. Adapun pelaksanaannya pada tahun ajaran 2019-2020 yakni pada tanggal 11-13 juli, di Aula PPDU 1.

Selaku mudir PPDU, KH. Ahmad Syakirin Asmu’i, Lc.,MA beliau lah yang mengisi acara PKA tiap tahunnya. Beliau berkhutbah mengenai hal-hal pokok yang perlu diketahui para santri PPDU 1. Mulai dari penjelasan apa itu pondok, unsur-unsur penting dalam pondok, sejarah PPDU, cabang PPDU, serta kurikulum yang diterapkan di PPDU. Disamping itu, beliau juga menghadirkan seluruh asatid/asatidzah yang mengajar di PPDU, mulai dari yang tinggal di area pondok maupun yang di luar, supaya santri mengenal siapa saja guru yang akan membimbing mereka kedepannya. Seluruh santri terlihat sangat antusias mengikuti acara PKA ini.

Peraturan-peraturan juga penting atau bahkan dapat dikatakan sebagai ciri khas sebuah pondok pesantren. Untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan para santri tentu diperlukan adanya aturan-aturan. Usai dengan pengenalan pondok, acara ini dilanjutkan dengan pembahasan peraturan di PPDU. Dalam hal ini,biasa disebut dengan riayah/pengasuhan, dan Ustadzah Afifah Nuraniyah, Lc diamanahi mengurus perihal riayah ini.

Hari terakhir PKA, Ustazah Afifah, Lc hadir mengisi acara. Selain menjelaskan tentang peraturan-peraturan DUPI 1, tak lupa beliau juga memberi motivasi kepada seluruh santri .”kita disini sebagai tolibul ilmi diibaratkan lagi perang, kala menghadapi musuh apa mau tIdur-tiduran, makan-makan doang, guyon-guyonan doang. Kalau perang harus bisa fokus sama target” , nasihat ringan dari beliau. Pembacaan ikrar santri menjadi penutup acara pekan khutbatul arsy, dipimpin oleh Ustazah Afifah Nuraniyah,Lc serta diikuti seluruh santri PPDU 1 dengan khidmat. Dengan adanya acara PKA ini, diharapkan para santri dapat mengenal pondok dengan baik, lebih percaya, juga ikhlas berjihad di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 1 Malang. (Galuh/T2)