• Ming. Okt 17th, 2021

10 Cara Memperkuat Hafalan

ByDupi Malang

Agu 31, 2021

Menghafal telah menjadi salah satu agenda wajib para santriwati Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 01. Seperti menghafal Al-Qur’an, menghafalkan pelajaran, maupun menghafalkan do’a dan dzikir harian wajib pondok. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwasanya ada beberapa penyebab kuatnya hafalan seseorang serta beberapa penyebab cepat hilangnya hafalan yang mungkin bisa mempermudah ananda dalam rutinitas menghafal.

Berikut beberapa hal tersebut berdasarkan tulisan karya Syaikh Az-Zarnuji dalam kitabnya, Ta’lim Muta’allim yang telah dikaji oleh KH. Ahmad Syakirin Asmu’i, Lc, MA dalam Muhadhoroh pekanan pada Hari Sabtu, tanggal 28 Agustus 2021 lalu.

Penyebab Kuatnya Hafalan

  1. Kesungguhan

Kesungguhan merupakan kunci sukses dalam berbagai bidang bukan hanya menghafal. Keseriusan sendiri bisa dibuktikan dengan sikap kita yang tegas, tidak sering bercanda, ataupun melakukan hal-hal lain yang mengganggu aktivitas hafalan kita.

     2. Ketekunan

Pepatah Arab mengatakan, “Dengan mengulang, keledai pun bisa diajar”. Hal ini membuktikan bahwasanya tidak ada orang yang tidak bisa menghafal, yang ada hanyalah orang yang kurang tekun dan rajin dalam mengulang-ulang hafalan. Maka, ketika kita ingin cepat hafal Qur’an, sering-seringlah memuroja’ah hafalan al-Qur’an tersebut setiap hari. Sama seperti halnya apabila kita ingin cepat menghafal arah jalan menuju ke suatu tempat, maka sering-seringlah lewati jalan itu, sehingga kita akan terbiasa dan dengan sendirinya menghafal rute tersebut tanpa harus menggunakan peta.

 3. Mengurangi Makan

Mungkin anda akan bertanya-tanya apa hubungan antara makanan dan hafalan. Karena sekilas, tak ada hubungan pasti antara dua hal tersebut. Namun ternyata, penelitian ilmiah membuktikan bahwa ketika kita makan maka oksigen yang mengalir ke otak akan ikut dialirkan menuju organ pencernaan untuk mempercepat proses pencernaan makanan di dalamnya, sehingga membuat otak kita kekurangan oksigen yang tentu saja menyebabkan kurangnya konsentrasi serta mudahnya muncul rasa kantuk.

Oleh karena itu, para ulama’ berkesimpulan bahwa pola makan yang cocok bagi para penuntut ilmu adalah berhenti makan sebelum kenyang dan mulai makan apabila baru terasa lapar. Bukan sebaliknya, yaitu makan sebelum lapar serta berhenti makan setelah kenyang. Tak ada kata kekenyangan bagi para penuntut ilmu, yang ada hanyalah kata kelaparan.

Di antara makna lain dari mengurangi makan ialah memperbanyak puasa, karena puasa juga sangat efektif untuk menstabilkan proses metabolisme dalam tubuh kita. Dengan berpuasa pula, seorang penuntut ilmu akan lebih banyak memiliki waktu untuk menghafal serta memuroja’ah hafalannya.

  4. Sholat Tahajjud

Seperti yang telah kita ketahui bahwa di waktu sepertiga malam adalah waktu di mana udara masih sangat sejuk dan murni. Tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang serta tumbuhan pun mengeluarkan oksigen terbaiknya pada waktu-waktu ini. Oleh karena itu, sholat tahajjud menjadi olahraga tersehat yang mampu kita lakukan sejak dini hari. Karena selain bagusnya kualitas udara di waktu ini, posisi sujud saat tahajjud mampu mengalirkan lebih banyak darah menuju otak sehingga menjadi lebih segar dan sehat.

  5. Tilawah Al-Qur’an

Tilawah Al-Qur’an yakni membaca Al-Qur’an dengan melihat mushaf adalah suatu keutamaan yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW. Maka dari itu, sembari memuroja’ah hafalan Al-Qur’an kita juga berlatih berkonsentrasi ketika kita membaca Al-Qur’an.

Rasulullah SAW bersabda :

أعظم أعمال أمتى قراءة القرآن نظرا

“Amalan umatku yang paling utama adalah membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”

       6. Berdo’a

Ketika hendak mengambil buku/ Al-Qur’an membaca do’a :

بسم الله وسبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله، والله اكبر، لا حول ولا قوة إلا بالله العلى العظيم العزيز العليم، عدد كل حرف كتب ويكتب أبد الآبدين ودهر الداهرين

Artinya : (Dengan menyebut Asnma Allah, Maha suci Allah, segal puji milik Allah dan tiad tuhan selain Allah yang Maha Agung, tiada daya dan kekuatan selain atas pertolongan Allah Yang Maha Mulya Agung Luhur Lagi Mah Mengetahui, sebanyak huruf yang tertulis dan akan di tulis, berabad-abad dan sepanjang masa).

Dan setiap selesai menulis berdoa:

آمنت بالله الواحد الأحد الحق، وحده لا شريك له، وكفرت بما سواه

Artinya: (Aku beriman kepada Allah Yang Tunggal, Maha Esa, berkesendirian tiada teman dalam ketuhannaNya, dan saya hindari dari bertuhan kepad selainNya.)

      7. Memperbanyak Shalawat

Shalawat adalah dzikir terbaik yang bisa kita lantunkan setiap waktu. Dzikir ini pula yang didengung-dengungkan oleh makhluk di seluruh alam. Malaikat, bintang, bulan, tanam-tanaman, beragam jenis hewan, semua makhluk Allah bershalawat kepada Rasulullah SAW yang menjadi penyebab turunnya rahmat serta kasih sayangNya. Maka, pantaskah bagi kita manusia biasa untuk meninggalkan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.?

8. Bersiwak

Bersiwak kini bisa diartikan dengan menggosok gigi, yakni membersihkan gigi dari kotoran sisa-sisa makanan sehingga mulut menjadi lebih segar dan sehat. Namun tentu saja, bersiwak menggunakan kayu arak akan lebih afdhal daripada menyikat gigi dengan sikat gigi biasa.

Berikut beberapa keutamaan siwak arak yang diutarakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitabnya, Thibbun Nabawi.

  1. Mencerdaskan otak
  2. Menguatkan gusi
  3. Menguatkan tulang belakang

  9. Mengonsumsi Madu

Madu mengandung banyak zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seperti antioksidan, vitamin, mineral dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, ketika kita rutin meminum madu maka tubuh kita akan jarang terkena sakit dan otak kita pun akan bekerja dengan lebih mudah.

    10. Mengonsumsi Kandar dan Kismis

Mungkin di sini kita agak menemui kesulitan dalam pelaksanaannya. Kandar adalah sejenis manisan atau permen karet arab yakni lebih tepatnya kemenyan putih yang bercampur gula. Selain itu, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan menjadi seperti manisan. Penulis pun menyarankan agar kismis tersebut dimakan 21 butir tiap harinya. Dua makanan tersebut mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun sejatinya, hal yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana kita menjaga asupan gizi kita. Karena segala jenis makanan yang dapat memunculkan dahak yakni biasanya yang memiliki banyak minyak dan lemak, akan mempercepat lupanya seseorang.

Demikianlah 10 Penyebab Kuatnya Hafalan yang bisa kita lakukan setiap hari tanpa perlu mahal. Tetap istiqomah, berpikir positif, dan teruslah mencoba. InsyaAllah kita pasti bisa.

Tinggalkan Balasan

Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia العربية العربية English English Bahasa Melayu Bahasa Melayu Türkçe Türkçe Deutsch Deutsch Basa Jawa Basa Jawa Basa Sunda Basa Sunda 日本語 日本語 한국어 한국어 ไทย ไทย 简体中文 简体中文