• Sab. Nov 27th, 2021

Sekilas Pandang : DUPI CHARITY

DUPI Charity atau lebih tepatnya Daarul Ukhuwwah Putri Charity merupakan salah satu lembaga vital di bawah naungan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 01 yang beroperasi dalam rangka pengelolaan amal jariyah, serta hal-hal yang berkaitan dengan ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf) di lingkup PPDU.

Kata ‘charity’ sendiri berasal dari bahasa inggris yang secara harfiah berarti amal, derma, kebaikan, amal jariyah, dsb. Sedangkan secara istilah, charity mengandung makna sebuah organisasi yang dibentuk untuk memberikan bantuan dan mengumpulkan donasi bagi mereka yang membutuhkan (terj).

Sesuai dengan namanya, DUPI Charity menjadi wadah bagi para muhsinin untuk menyalurkan donasi terbaiknya bagi kebaikan umat PPDU Putri 01 secara umum.

Apa program unggulan DUPI Charity?

DUPI Charity tidak hanya fokus pada kegiatan pembangunan gedung dan pembebasan lahan saja. Namun juga memperhatikan bidang pendidikan santriwati serta pembibitan kader-kader inti pondok. Oleh karena itu, DUPI Charity secara berkala memberikan beasiswa bagi santriwati yang kurang mampu agar bisa tetap melanjutkan pendidikan di PPDU Putri 01 tanpa perlu khawatir akan biaya pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Mengapa harus DUPI Charity?

Artinya:

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rosulullah Saw. bersabda: ”Apabila anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang dimanfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakan dia.” (HR Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu amalan yang pahalanya tetap mengalir meski maut memisahkan adalah shodaqoh jariyah.

Lantas, apakah yang dapat disebut dengan shodaqoh jariyah? Shodaqoh jariyah adalah harta yang diwakafkan. Dalam hukum Islam, wakaf diartikan sebagai penahanan terhadap suatu harta (tidak dijual, tidak dihibahkan, dan tidak diwariskan). Manfaat dari harta itu diberikan untuk kepentingan umat Islam.

PPDU adalah milik umat Islam. Dari umat Islam, untuk umat Islam. Dan salah satu cita-cita PPDU adalah mencetak 1000 ulama’ pejuang yang akan memperjuangkan Islam di seluruh penjuru dunia. Sehingga, apabila kita berkontribusi serta berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita mulia ini, berapa gunung pahala kah yang akan kita dapatkan setelah itu? Subhaanallah..

harta tumbuh

Bagaimana cara kita agar bisa berpartisipasi dengan DUPI Charity?

Anda dapat menyalurkan sedekah jariyah terbaik anda di rekening:

Bank Syariah Mandiri a.n PPDU Putri (7097977415)

BNI Syariah a.n PPDU Putri (817207248)

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi cp:

0812 4978 3578 (Al-Ustadzah Yuni)

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

Satu kebaikan akan tumbuh menjadi seribu kebaikan, sejuta, triliunan, bahkan tak terhingga jumlahnya. Mari kita bersama-sama menumbuhkan kebaikan itu di mana pun, dan kapan pun. Bersama PPDU, kita bisa jadi lebih baik. Bersama DUPI Charity, kita pun terbaik. In Syaa Allah.. [Admin]

Tinggalkan Balasan

Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia العربية العربية English English Bahasa Melayu Bahasa Melayu Türkçe Türkçe Deutsch Deutsch Basa Jawa Basa Jawa Basa Sunda Basa Sunda 日本語 日本語 한국어 한국어 ไทย ไทย 简体中文 简体中文