• Sel. Jan 26th, 2021

Testimoni Santriwati tentang PPDU Putri 01

Pada tahun ajaran 2021/2022, PPDU Putri 01 akan menerima santriwati baru angkatan kedelapan. Wah, masih bisa tergolong sebagai angkatan awal, ya? Meskipun masih tergolong angkatan awal, namun para santriwati di sini serasa seperti sudah mendapatkan pengalaman dari berbagai pondok pesantren yang ada. Karena di PPDU, ada banyak hal yang akan kita dapatkan. Mulai dari tahfidz al-Qur’an, program bilingual (Arab dan Inggris), pelajaran akademik, pemantauan ibadah, dan juga pendidikan akhlaqul karimah di kesehariannya.

Dalam artikel kali ini, kami mewawancarai beberapa santriwati untuk berbagi pengalaman mereka selama mondok di PPDU Putri 01. Terutama terkait perubahan yang mereka rasakan selama ‘mondok’ di sini. Dengan bangganya, mereka menuturkan apa-apa saja yang telah mereka dapatkan dari PPDU Putri 01. Berikut rangkuman serta cuplikan dari wawancara tersebut.

Q : Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam tahfidz al-Qur’an?

Casilda, santriwati asal Malang kelas 6 KMI

A : Dulu, sebelum ana masuk pondok, ana belum pernah yang namanya hafalan Al-Qur’an dan itu ditarget tiap hari harus segini, harus segini. Dan sekarang, di pondok hafalan dan muroja’ah itu tertata dan ditarget. Jadi menurut ana, itu keren banget, kayak ada tantangan sendiri…

Apalagi sekarang, dengan metode yang baru (halaqoh takhossus) ada banyak perubahan terutama dalam muroja’ah. Dulu, ana masih lebih fokus untuk menambah hafalan. Tapi sekarang ana fokus untuk menambah hafalan, tapi tetap menomorsatukan muroja’ah.

Jadi, target 30 juz itu bukan hanya ‘pernah hafal’ 30 juz saja. Tapi hafal 30 juz mutqin yang masih bertahan sampai ke depannya.

Q : Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam hal ibadah?

Nabila Bilqis, Santriwati kelas 1 KMI

A : Ada perubahan yang ana rasakan terutama sholat tahajjud. Dulu itu ana susah banget dibangunin, sekarang Alhamdulillah lebih gampang. Sholat lima waktunya juga lebih tepat waktu. Kalau dulu, suka molor-molor. Sholat sunnahnya juga lebih teratur, apalagi shoum sunnahnya, karena teman-teman di sini semangat-semangat jadi ana juga semangat shoum sunnah.

Q : Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam berbahasa Arab dan Inggris?

Nadia Nasywa, Santriwati kelas 3 KMI

Dulu, saya belum bisa berbicara dalam bahasa Arab dan Inggris. Tapi di sini, saya dituntut untuk berbicara dengan dua bahasa tersebut. Akhirnya, saya bisa berbahasa Arab dan Inggris. Dari situ, saya bisa memahami makna kandungan al-Qur’an juga.

Q : Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam aspek akademik?

Batrisya Mehvish, santriwati asal Blitar kelas 1 KMI

A : Di sini pelajarannya lebih lengkap, pengajarannya juga enak. Karena kita bisa ketemu teman sekelas kita seharian penuh 24 jam, jadi lebih nyaman. Kita juga bisa menambah pemahaman lewat belajar malam, karena bisa belajar dan tanya-tanya langsung ke ustadzah.

Q : Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam beradab?

Hanadia Syahida, santriwati kelas 4 KMI asal Jakarta

A : Di sini kita diajarkan untuk berilmu, tapi juga beradab. Karena ilmu tanpa adab tak akan ada artinya. Percuma kalau kita berilmu tapi tidak beradab. Jadi, di sini Hana mengerti bahwa adab itu harus didahulukan sebelum ilmu.

Nah, itu dia beberapa ulasan tentang PPDU Putri 01 langsung dari santriwatinya. Terkadang, ‘mondok’ itu terlihat sulit dan tidak menyenangkan. Namun, ketika kita menjalaninya dengan penuh keihlasan maka kita akan menemui berbagai macam pengalaman berharga yang tidak akan kita dapatkan di tempat lain. So, ayo mondok di PPDU! Tunggu apa lagi?

[Admin]

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan