• Jum. Mei 27th, 2022

Testimoni Santriwati tentang PPDU Putri 01

ByDupi Malang

Des 19, 2021

Tahun 2021 akan segera berakhir. Menyisakan banyak kenangan dan harapan yang akan terus berkembang serta berbuah di tahun-tahun berikutnya. Kenangan akan berbuah menjadi pelajaran, sedangkan harapan akan berbuah menjadi kenyataan. Tinggal kita yang berusaha, berdo’a, lalu bertawakkal kepada Allah Ta’ala agar ceritera tahun ini tidak hanya berakhir dengan sia-sia.

Begitu pula dengan ceritera dari Pondok Daarul Ukhuwwah ini. Para santriwatinya mengutarakan banyak ungkapan rasa selama menjalani kehidupan di pondok tercinta. Merangkul kembali kenangan sebelum bertemu dengan para adik kelasnya. Menjadi kilas balik dan tutur rasa bagi para calon santriwati baru yang akan mencicipi berbagai bumbu kehidupan di pondok. Mungkin kelak mereka akan merasakan hal yang sama, atau bahkan menenun jalan cerita baru yang lebih indah dan luar biasa.

Berikut rangkuman jawaban dari beberapa santriwati yang kami wawancarai terkait perubahan yang mereka rasakan ketika sudah mondok di PPDU. Semoga yang sedikit ini dapat menjawab rasa penasaran adik-adik yang ingin atau yang akan mondok di PPDU Putri.

 

Q : “Hal apa yang paling ukhti sukai dari PPDU?”

“PPDU itu all in one. Ada tahfidz Qur’an, ada pelajaran akademik, juga ada pelajaran tentang akhlaq yang bisa kita dapatkan dari kehidupan sehari-hari.”

“Kegiatan pondoknya. Meskipun kadang bikin capek tapi saya dapat banyak pelajaran dari situ.”

“Teman-teman di sini. Suasana ukhuwwahnya kerasa banget.”

Q : “Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam tahfidz al-Qur’an?”

“Tambah fasih bacaan Qur’annya.”

“Hafalan saya nambah lumayan banyak.”

“Saya jadi semakin semangat muroja’ah. Karena percuma punya hafalan banyak tapi tidak mutqin.”

“Tilawah saya lebih istiqamah.”

Q : “Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam hal ibadah?”

“Di sini saya jadi lebih rajin dalam melaksanakan ibadah sunnah.”

“Sholat tahajjud saya jadi lebih teratur tiap hari.”

“Kalau dulu saya beribadah hanya sebatas untuk menggugurkan kewajiban, tapi kalau sekarang saya jadi lebih memahami kalau ibadah itu juga untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.”

“Dulu sholat ogah-ogahan. Sekarang sudah terbiasa dan tepat waktu juga.”

Q : “Apa perubahan yang ukhti rasakan selama mondok di PPDU Putri 01 terutama dalam aspek akademik?”

“Dulu saya suka bosan dan malas untuk belajar, tapi sekarang saya lebih semangat. Salah satu faktornya karena ada banyak teman untuk belajar bersama. ”

“Karena di sini bermotto ‘Mencetak Ulama’ Pejuang’ saya jadi lebih tertarik dan lebih memahami ilmu agama dari ilmu lainnya.”

“Saya mulai merasakan ‘kelezatan’ ilmu di pondok ini.”

“Di pondok ini kami belajar menggunakan berbagai macam kurikulum seperti KMI Gontor, Kurikulum DIKNAS, serta Kurikulum DEPAG. Oleh karena itu hal ini semakin membuat kami memiliki wawasan yang lebih luas lagi.”

Demikianlah segelintir pertanyaan dan jawaban tentang PPDU Putri yang dapat kami sajikan kepada para pembaca sekalian. Terkadang, ‘mondok’ itu terlihat sulit dan tidak menyenangkan. Namun, ketika kita menjalaninya dengan penuh keihlasan maka kita akan menemui berbagai macam pengalaman berharga yang tidak akan kita dapatkan di tempat lain. Jadi, ayo mondok di PPDU! Tunggu apa lagi?

 

 

Tinggalkan Balasan

id Bahasa Indonesia